Selasa, 19 Mei 2015

Tips Hemat Tagihan Listrik Rumah




Tarif dasar listrik dewasa ini sering mengalami kenaikan harga, untuk anda yang punya gaya hidup berhemat tentu anda mencari alternatif bagaimana cara menghemat listrik agar tidak terlalu membebani pengeluaran bulanan. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tagihan listrik anda tidak melambung tinggi :

1. Jangan seketika menurunkan suhu AC ketika dihidupkan

Hemat listrik bisa anda mulai dengan mengatur penggunaan pengatur suhu ruangan atau air conditioner (AC), dikarenakan sekitar 50% kebutuhan listrik rumah biasanya berasal dari AC yang anda pakai.

Kalau ingin hemat, jangan begitu menyalakan AC langsung diturunkan suhunya, stabilkan saja di-24 sampai dengan 25 °C terlebih dahulu. Setiap suhu udara AC jika diturunkan akan ada tambahan penggunaan listrik sebesar 6%. Jadi misalnya diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik anda.

Jadi sebaiknya anda membiarkan dulu AC menyala selama 1jam sebelum ruangan di pakai.

2. Matikan secara benar peralatan elektronik, jangan hanya dalam posisi standby

Peralatan/benda elektronik yang dalam posisi standby, misalnya televisi atau perangkat audio, itu masih menyedot listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.

Sebaiknya anda langsung mencabut colokan TV ketika selesai menonton TV, jangan biarkan menancap terus. Begitu pula dengan peralatan elektronik lainnya seperti Radio, Sound system, blender, dll. Atau bila anda malas untuk sering mencabut colokan listrik peralatan elektronik anda, anda bisa menggunakan terminal colokan yang menggunakan saklar on/off, jadi ketika selesai menggunakan peralatan elektronik anda tinggal tekan saklar di posisi OFF.

3. Lepas/copot charger handphone dari colokan

Charger handphone akan tetap memakan daya listrik ketika masih menancap di colokn meskipun tidak dalam posisi mengisi daya Handphone..

Hal ini sering kali di jumpai, kebanyakan orang mengira bahwa charger Handphone/ponsel tidak begitu memakan banyak tegangan listrik. Padahal charger itu berisikan kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ.Tanpa Handphone, charger menancap di colokan listrik akan menggunakan sekitar 30% dari normal daya listriknya. Jadi semisal colokan 5 ampere, begitu selesai dan tidak dicabut masih ada sekitar 2 ampere yang terus dipakai.

Hal hal tersebut memang nampak sepele bagi kebanyakan orang, tapi bisa di buktikan jika anda melakukan tips tadi, niscaya tagihan listrik anda tidak akan sebesar tagihan listrik bulan lalu :) Selamat mencoba, mulailah hidup hemat dari memperhatikan hal hal kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar