Selasa, 28 April 2015

Manfaat Besar Sholad Tahajud

MANFA'AT TAHAJUD
Dari berbagai amal ibadah sunnah Umat Islam yang memiliki banyak keutamaan, manfaat dan keistimewaan, maka salah satunya ialah Shalat Tahajud yang sudah dikenal dan tersebutkan memiliki keutamaan dibandingkan shalat sunnat yang lain.
Dari sekian banyak ayat Al Quran dan hadist-hadist Rasulullah, maka berikut ini adalah beberapa petikan manfaat atau faedah serta keutamaan dari Shalat Tahajud diantaranya dijelaskan dibawah ini :
Orang yang menunaikan ibadah sunnat Shalat Tahajud akan diangkat oleh Allah ke tempat yang terpuji sebagaimana janji Allah SWT : Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra: 79)
Mempermudah dan mempercepat tercapainya keinginan dan hajad serta menghadirkan rasa aman. Rasulullah SAW bersabda, " Ketahuilah sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, 'Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?' Mereka menjawab, 'Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.'" Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan." (HR Ahmad).
Sebagai penghapus keburukan dan pencegah dosa serta penangkal penyakit bagi badan manusia. Rasulullah SAW bersabda kepada Salman al-Farisi: "Hendaklah kamu melaksanakan qiyamullail karena qiyamullail itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan." (HR. A-Tabarani dan Al-Hatsami).
Meningkatkan aura ketampanan/kecantikan sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya." (HR Ibnu Majah).
Memperoleh Rahmat Allah dan di janjikan Surga bagi yang melaksanakan Tahajud, sesuai dengan Firman Allah: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). (QS Az-Zariyah: 15-18)